Breaking News
Loading...
Sunday, May 17, 2015

Info Post

Sahabat kucing, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu penyakit kucing yang bernama Scabies. Adakah diantara sahabat semua yang hewan peliharaannya terkena penyakit yang satu ini? Atau sahabat semua belum mengetahui ciri-ciri kucing yang terkena penyakit scabies ini?

Tenang, kali ini kita akan membahas bagaimana sebenarnya ciri-ciri kucing terkena scabies dan juga bagaimana cara mengobati kucing yang terkena scabies ini. Silahkan disimak lebih lanjut ya artikel yang kita sajikan.

Ciri-ciri kucing yang terkena scabies.
Scabiesis bisa menyerang semua usia pada kucing baik jantan ataupun betina. Untuk penularan penyakit skabies ini berlangsung lewat kontak fisik antara kucing atau mungkin kontak dengan alat tempat yang tercemar tungau seperti kandang, sisir dan lain-lain. Gejala awal terserang penyakit ini umumnya seperti gatal serta rontok di sekitar telinga, leher, muka, kelopak mata, hidung dan yang pasti di bagian kepala.

Ciri-ciri kucing terjangkit scabies adalah
  • Sering menggaruk-garuk pada bagian kepala. 
  • Pada ujung daun kuping nampak bercak kerak kulit mati serta membotak. Bila skabies tersebut dibiarin maka bakal makin menyebar ke semua bagian kepala kucing. Langkah yang paling mudah untuk membedakannya scabies yaitu pada ujung kuping terdapat kerak dan saat kita kerok perlahan-lahan, maka kulit mati terangkat dan dapat menyebabkan luka lecet.
Cara mengobati kucing yang terkena scabies.
  • Jika mempunyai banyak kucing, maka segera pisahkan antara kucing yang terjangkit scabies dan yang sehat. karena penyakit scabies ini dapat menular
  • Cuci dan bersihkan alat-alat grooming seperti sikat, sisir, kandang, dan semua peralatan dan tempat yang sering digunakan pada kucing yang terjangkit scabies ini.
  • Hindari tempat grooming atau penitipan hewan yang tidak mempunyai kebersihan yang cukup baik.
  • Mandikan kucing dengan shampoo yang mengandung zat sulfur yang bisa anda dapat di petshop terdekat salah satunya seperti lime sulfur atau sebasol. cara memandikan nya yaitu setelah seluruh tubuh disampoin lalu di diamkan selama 10 sampai 15 menit dan setelah itu bilas dan keringkan. cara ini dapat dilakukan selama seminggu sekali berturut-turut hingga sembuh total, penyembuhan biasanya memakan waktu 1 bulan hingga 2 bulan.
  • Salep yang mempunyai kandungan permethrin, petrolatum, Triamcolone, derma tech dan gamexane
  • Minyak VCO, yang bisa anda dapatkan di apotik century & guardian, minyak jenis ini sudah terbukti manjur dan aman buat kitten, hamil maupun menyusui. cara penggunaannya yaitu cukup dioleskan pada bagian yang terkena scabies.
  • Dan yang terakhir cara paling ampuh adalah injeksi atau suntik anti scabiesis, yang hanya dapat ditangani oleh dokter hewan.
Bagaimana sahabat? Sudah paham mengenai ciri & cara mengobati kucing terkena scabies ini? Semoga setelah membaca artikel yang kita berikan kali ini, sahabat semua dapat lebih paham mengenai scabies ya. Silahkan disebarkan kepada teman-teman kalian yang juga suka akan hewan menggemaskan yang satu ini. 

0 komentar:

Post a Comment