Breaking News
Loading...
Saturday, May 9, 2015

Info Post

Sahabat kucing, apakabar kalian dan kucing peliharaan kalian? Semoga selalu sehat ya. Kali ini, kami akan sedikit memberikan bagaimana memilih pasir untuk kucing yang mungkin bisa kalian gunakan dirumah untuk keperluan perawatan kucing perliharaan kalian semuanya.

Pada umumnya kucing tidak pemilih, dimana ada pasir, disitu dia buang air, tidak peduli jenis pasirnya. Tetapi, alangkah baiknya jika kita tetap memperhatikan bagian yang ini. Nah, untuk mempermudah teman-teman semuanya, berikut ini jenis pasir yang bisa kita gunakan beserta dengan keuntungan dan kerugian dalam menggunakannya:

  1. Pasir bangunan dan pasir pantai. Keuntungannya adalah pasir ini mudah ditemui serta murah, kerugiannya butiran pasir ini terlalu kecil sering kali menempel di kaki atau bulu kucing sehingga berceceran kemana-mana, selain itu pasir jenis ini tidak menyerap bau dengan baik dan susah untuk dicuci.
  2. Pasir Zeolith. Sebagai gambaran bentuknya mirip dengan kerikil warna hiasan aquarium, untuk ukurannya ada beberapa macam, ada yang besar seperti kerikil warna hiasa aquarium, ada yang lebih kecil lagi. Keuntungan menggunakan pasir jenis ini adalah harganya yang murah, selain itu pasir jenis ini bisa dipakai berulang kali, kerugiannya adalah kita harus menggantinya minimal 2 hari sekali. Sementara mnggganti dengan pasir yang baru, pasir yang lama bisa kita cuci untuk kemudian kita gunakan kembali.
  3. Pasir Gumpal atau Pasir Wangi. terbuat dari batuan bentonite berbentuk bulat kecil sebesar butiran kacang hijau dan berwarna abu-abu yang akan menggumpal ketika terkena cairan. Keuntungannya kita tidak perlu bersusah payah mencuci pasir, tinggal membuang pasir yang menggumpal terkena pup dan pipis kucing, harganya pun juga tidak terlalu mahal. Selain itu pasir ini juga beraroma wangi sehingga bisa mengurangi bau pup/pipis. Untuk kerugiannya hampir tidak ada, cocok untuk anda yang tidak mau repot atau kucing anda ditinggal agak lama.

Selain ketiga jenis pasir tersebut, anda juga bisa menggunakan sobekan kertas atau gergajian/ serutan kayu. Namun kedua jenis ini tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka panjang karena tidak efektif dan efisien.

1 komentar: