Breaking News
Loading...
Wednesday, April 20, 2016

Info Post

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat menjaga kebersihan dirinya. Salah satu cara kucing membersihkan dirinya adalah dengan cara menjilat-jilat badannya atau self preparing. Namun, pernahkah terlintas di benak kalian mengapa kucing sangat senang menjaga dirinya agar tetap bersih? Kali ini kami akan mencoba menjelaskannya pada sahabat kucing mengapa kucing sangat senang menjilat-jilat badannya agar tetap bersih.

Menurut Dr. Cynthia McManis, seorang dokter hewan sekaligus pemilik Just Cats Veterinary Service, kucing dewasa akan menghabiskan hingga 50 persen waktu terjaganya dengan melakukan self groomig.

Untuk Melindungi Dirinya Dari Predator
Kucing memang hewan predator yang sangat hebat dalam berburu mangsanya. Namun sayangnya kucing bukan lah predator puncak dalam rantai makanan di alam liar. Masih banyak hewan lain yang berpotensi menjadi predator kucing, salah satunya adalah anjing. Salah satu cara untuk menghindari predator yang mungkin akan mengancam hidup kucing adalah dengan menghilangkan bau makanan dan bau lainnya yang dapat memancing predator untuk mendekat. Oleh karena itu secara insting, kucing akan berusaha menghilangkan jejak bau tersebut dengan cara menjilati tubuhnya agar tidak terdeteksi oleh pemangsanya.
Untuk Mendinginkan Suhu Badan Kucing
Kucing memang seekor hewan berdarah panas, namun ia juga membutuhkan cara agar suhu badannya bisa terkontrol. Ketika manusia berada pada suhu panas, badan kita akan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan suhu badan kita. Lain halnya dengan kucing, tempat kucing mengeluarkan keringat adalah melalui telapak kakinya, oleh karena itu kucing akan mengandalkan air liurnya di bulu-bulunya untuk mempertahankan suhu agar tetap normal. Self Grooming membantu sepertiga dari proses pendinginan suhu tubuh kucing lho.
Untuk Menjaga dan Menghangatkan Bulu Kucing
Tahukah sahabat kucing jika grooming yang dilakukan oleh kucing dapat membuat bulunya tetap bersih dan indah? Yups, dengan menjilati badannya, hal ini akan membuat minyak alami yang berada di bulunya akan tersebar lebih merata. Hal ini lah yang membuat bulu kucing tetap mengkilat. Selain itu minyak yang terkandung di bulunya juga akan menjaga kelembaban bulu kucing dan mengunci kehangatan di bulunya. Jadi proses self grooming juga bisa membuat si kucing dapat tetap hangat.
Membantu Membersihkan Luka pada Kucing
Mungkin sahabat kucing pernah melihat kucing yang sedang menjilati lukanya. Selain membuat lukanya tetap bersih, ternyata dalam air liur kucing terkandung enzim yang dapat berubah menjadi antibiotik alami. Jadi ketika kucing tersebut sedang menjilati lukanya, berarti ia sedang menjaga lukanya agar tidak terkena infeksi yang lebih parah. Namun lebih baik kita membawa ke dokter hewan jika kucing kita terluka, untuk memastikan seberapa parahkah luka yang dialami kucing tersebut.
Untuk Menstimulasi Aliran Darah pada Kucing

Self Grooming bisa merangsang aliran darah?? Mirip dengan bagaimana cara kerja sisir rambut kita yang dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala. Lidah kucing pun memiliki tekstur seperti sikat, jadi dengan menjilati tubuhnya, hal tersebut dapat memacu meningkatkan sirkulasi aliran darah di jaringan kulitnya.
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 komentar:

Post a Comment